Analisis Peramalan Dan Pengendalian Persediaan Bahan Baku Pada CV XYZ

Abstraksi Tugas Akhir / Skripsi Jurusan Ekonomi Managemen dengan Judul : Analisis Peramalan Dan Pengendalian Persediaan Bahan Baku Pada CV XYZ

Dalam operasinya perusahaan membutuhkan bahan baku untuk proses produksinya. Untuk itu perusahaan harus mengadakan persediaan bahan baku yang mana perusahaan harus terlebih dahulu melakukan peramalan produksi. Dalam pengadaan persediaan bahan baku perusahaan akan berusaha memperkecil segala hal yang berhubungan dengan biaya agar pengeluaran perusahaan dapat ditekan sekecil mungkin dalam mencapai hasil operasi perusahaan yang optimal.

Analisa yang dilakukan pada CV XYZ adalah untuk mengetahui apakah pembelian bahan baku kain jeans yang dilakukan sudah ekonomis atau belum. Metode yang digunakan adalah metode EOQ. Dimana analisis EOQ membahas keterkaitan antara kebutuhan bahan baku, harga, biaya pesan dan biaya simpan. Dari analisis ini, dapat dilihat bahwa jumlah pembelian bahan baku yang dilaukan oleh perusahaan kurang ekonomis yaitu 16 kali pemesanan, sedangkan pembelian bahan baku dengan metode EOQ adalah sebanyak 12 kali, ini berarti dengan metode EOQ lebih ekonomis sehingga akan menghemat pengeluaran biaya persedian dan dapat mencegah resiko kekurangan bahan baku.

Anda ingin mendapatkan materi di atas secara full content???, Anda bisa bergabung di Layanan Membership Kumpulan Tugas akhir / skripsi, Tesis, Tugas Kuliah Secara Online dan Full Content. Klik banner di bawah ini:

Share Your Thoughts