Alat Penghitung Pemakaian Listrik Digital Dalam Rupiah

Bab Pendahuluan Tugas Akhir / Skripsi Teknik Eletro dengan Judul : Alat Penghitung Pemakaian Listrik Digital Dalam Rupiah

KWH meter merupakan suatu alat ukur yang banyak dipakai baik di lingkungan perumahan, perkantoran maupun industri. Alat ukur ini sudah mengalami perkembangan yang begitu luar biasa dalam beberapa tahun terakhir ini. Pada awalnya, fungsi utama dari KWH meter ialah untuk menghitung pemakaian energi listrik. Dengan perkembangan teknologi yang luar biasa, maka KWH meter berkembang menjadi suatu alat ukur otomatis yang bisa mengirimkan hasil pengukurannya kepada perusahaan listrik yang bersangkutan.

Perkembangan KWH meter ini didukung karena adanya perkembangan yang luar biasa pada dunia teknologi informasi khususnya internet sehingga sekarang ini pengiriman data dapat dengan mudah terlaksana dan proses pengirimannya pun cepat.
Sayangnya perusahaan penyedia tenaga listrik di Indonesia masih belum bisa menyediakan meteran otomatis sehingga meteran listrik konvensional masih dipakai di rumah – rumah pelanggan listrik. Masalah yang sering terjadi ialah masalah kekeliruan pencatatan karena letak KWH meter yang sulit dilihat oleh mata sehingga tagihan menjadi tidak akurat.

Oleh karena itu pada kesempatan penyusunan Tugas Akhir ini penulis mencoba memodifikasi KWH meter konvensional agar pelanggan lebih mudah untuk mengetahui besar pemakaian energi listrik. Dalam tugas akhir ini KWH meter konvensional tersebut akan disempurnakan dengan adanya suatu sistem perhitungan tagihan sehingga para pelanggan listrik maupun penyewa kamar kos dapat dengan mudah mengetahui besar tagihan listrik mereka dalam nilai rupiah.

Anda ingin mendapatkan materi di atas secara full content???, Anda bisa bergabung di Layanan Membership Kumpulan Tugas akhir / skripsi, Tesis, Tugas Kuliah Secara Online dan Full Content. Klik banner di bawah ini:

Share Your Thoughts